Rabu, 18 Mei 2016

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN JASA DAN JOB DESCRIPTION



Perusahaan Jasa


A. STRUKTUR ORGANISASI
Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan 
operasional untuk mencapai tujuan.struktur organisasi merupakan alat untuk membantu
manajemen dalam mencapai tujuannya.

-Manfaat utama dari adanya bagan organisasi tersebut adalah bagan tersebut memungkinkan kita mengetahui bagaimana organisasi itu terbentuk. Dengan adanya bagan organisasi maka pimpinan dan bawahan dapat mengetahui 
tugas-tugas apa yang harus dilakukan, dan apabila terdapat sesuatu masalah
maka kita akan dapat mengetahui ke bagian mana kita harus menghubunginya.

B. Struktur Organisasi Perusahaan Jasa 
Struktur organisasi adalah kerangka antar hubungan dari orang-orang atau unit-unit organisasi yang masing-masing memiliki tugas, tanggung jawab, dan wewenang tertentu. Dalam menjalankan kegiatan perusahaan diperlukan struktur organisasi serta uraian tugas yang jelas dari setiap orang atau unit organisasi yang terlibat dalam organisasi. Dengan demikian diharapkan adanya suatu kejelasan arah dan koordinasi untuk 
mencapai tujuan perusahaan dan masing-masing personil atau unit organisasi mengetahui 
dengan jelas dari mana merekamendapat perintah dan kepada siapa mereka harus mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya.

Hal dasar yang dapat dilihat pada struktur organisasi yaitu :
a.Struktur organisasi memberikan gambaran mengenai pembagian tugas serta tanggung jawab kepada individu maupun bagian-bagian pada suatu organisasi.
b. Struktur organisasi memberikan gambaran mengenai hubungan pelaporan yang ditetapkan secara resmi dalam suatu organisasi, tingkatan hirarki serta besarnya rentang kendali dari semua pimpinan di seluruh tingkatan organisasi.
C. Struktur organisasi menetapkan pengelompokan individu menjadi bagian organisasi dan pengelompokan bagian-bagian organisasi menjadi suatu organisasi yang utuh.
d. Struktur organisasi mentapkan sistem hubungan dalam organisasi yang memungkinkan tercapainya komunikasi, koordinasi, dan pengintegrasian segenap kegiatan organisasi baik secara vertikal maupun horizontal.

C. JOB DESCRIPTION

a. Komisaris
Komisaris merupakan salah satu pemegang saham yang membantu Komisaris Utama dalam menyusun planning dan membantu tugas-tugas Komisaris Utama, diantaranya :
1.Mengendalikam seluruh kegiatan perusahaan dalam pengembangan perusahaan.
2.Mengadakan pembinaan, pelaksanaan kegiatan perusahaan.
3. Mengadakan dan memelihara administrasi perusahaan dan pengawasan
 pembuatan laporan tahunan untuk diajukan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

b. General Manager
General Manager adalah pimpinan utama dalam pengambilan keputusan dan tanggung jawab atas tercapainya tujuan perusahaan serta sebagai pengendali 
seluruh tugas dan fungsi-fungsi dalam perusahaan.
Tugas dan wewenang General Manager :
1. Menetapkan kebijakan perusahaan dengan menentukan rencana dan tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
2. Mengkoordinir dan mengawasi seluruh aktivitas yang dilaksanakan dalam perusahaan.
3. Membuat peraturan intern pada perusahaan yang tidak bertentangan dengan kebijakan perusahaan.
4. Memperbaiki dan menyempurnakan segeneap segi penataan agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien.
5. Membimbing bawahan dan mendelegasikan tugas-tugas yang dapat dikerjakan oleh bawahan secara jelas.

c. Operational Manager
Operational Manager merupakan pimpinan dalam divisi operasi yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan dan melaksanakan tugas operasional.
Tugas dan wewenang Operational Manager :
1.Mengawasi kegiatan operasional perusahaan.
2. Merencanakan, mengendalikan, dan mengawasi seluruh kegiatan operasi dalam pengembangan perusahaan sampai tuntas.
3. Mengadakan pembinaan, pelaksanaan kegiatan perusahaan di bidang pengembangan.

Operational Manager membawahi enam sub bagian yaitu :
1.  Kepala Lapangan bertugas mengatur pekerjaan di lapangan baik operator alat-alat berat, driver, dan cleaning service.
2.  Kepala Mekanik bertugas mengatur pekerjaan dalam perbaikan alat-alat berat atau kendaraan yang rusak.
3. Assisten Mekanik
4. Operator dan Driver bertugas mengoperasikan/mengendalikan alat-alat berat atau kendaraan sesuai perintah Kepala Lapangan.
5. Cleaning service bertugas membersihkan, dan menata kantor maupun lapangan.
6. Operator

d. Human Management Development (HRD) Manager Human Management Development (HRD) Manager merupakan pimpinan bagian personalia yang bertugas untuk mengatur dan menyelesaikan perihal yang berhubungan dengan dengan kepegawaian.
 Tugas dan wewenang Human Management Development (HRD) :
1. Membantu pimpinan dalam perencanaan dan pengembangan, mendokumentasikan
 data dan menyiapkan program kesejahteraan karyawan.
2. Melayani dalam perekrutan karyawan baru.
3. Mengawasi dan melakukan pembinaan dan evaluasi kinerja.
4. Menyiapkan dan memberikan laporan secara berkala tentang pelaksanaan kegiatan bagian personalia.

e. Management Information System (MIS) Manager
Management Information System (MIS) Manager merupakan pimpinan dalam bidang perancangan sistem sistem manajemen informasi yang bertugas merancang program program komputer yang akan dipergunakan untuk melaksanakan tugas-tugas dalam 
perusahaan. Management Information System (MIS) Manager membawahi programmer 
yang bertugas membuat dan memperbaiki sistem yang telah dirancang oleh MIS Manager.

f. Accounting Chief
Accounting Chief merupakan pimpinan bagian pembukuan.
Tugas dan wewenang Chief Accounting :
1.Menyelesaikan administrasi pembukuan atas transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan.
2.Memeriksa penyelesaian buku induk, pos-pos material untuk penyelesaian neraca.
3. Menganalisa laporan keuangan untuk menilai apakah perusahaan mempunyai posisi keuangan yang baik.


g. Marketting 
merupakan pimpinan dalam bisang pemasaran produk.
tugas dan wewenang seorang marketing adalah:
1. mempromosikan produk perusahaan baik berupa jasa atau lainnya.
2. membuat laporan hasil promosi kepada atasan.   

D. 4 FUNGSI BISNIS
Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
1.Bisnis berfungsi untuk mengubah bentuk bisnis (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
2.Bisnis berfungsi untuk memindahkan bentuk (place utility), yang tidak lain dari fungsi distribusi
3.Bisnis mengubah pemilikan (possessive utility), atau fungsi distribusi
4.Bisnis berfungsi menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran.

Demikian artikel dari saya, sekian dan terima kasih telah membaca semoga bermanfaat. Klik link ini untuk melihat Daftar Arsip Saya.

0 komentar:

@Copyright 2014 ANJAR KURNIAJAYA-All Rights Recerved